Pesona Alam Desa Munduk yang Menawan

wartikazone.blogspot.com

Singaraja, Baliterkini.com - Desa Wisata Munduk menawarkan pemandangan alam yang sungguh mempesona yang mungkin tidak bisa ditemukan di desa lain. Desa Munduk terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Keindahan yang ditawarkan berupa alam yang asri dengan pemandangan hamparan pohon cengkeh di sisi kanan kiri.

Menurut salah satu guide yang juga Kepala Biro Humas Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, Amos Lilo, obyek wisata di Desa Munduk memang sangat luar biasa. “ Disitu memang obyek wisatanya sangat luar biasa, tapi jalan menuju kesana kurang diperbaiki. Tapi itu obyek wisata yang luar biasa. Nilai jualnya bukan main – main, “ katanya.

Kalau dari segi akomodasi, kata Amos di Desa Munduk sudah banyak ada penginapan dengan kualitas bagus. “ Karena kita sekarang kita lebih banyak menuju desa wisata. Seharusnya pariwisata Bali sudah fokus ke desa wisata. Munduk juga sudah menjadi desa wisata yang mendapat juara2 nasional, “ tandasnya.

Selain itu lanjut Amos, Munduk memang memiliki adat budaya lokal yang perlu digali potensinya lalu dikembangkan. “ Ini semua termasuk di dalam security of culture disana, kan memiliki tradisi khusus, yaitu memasak dipinggir jalan setelah Nyepi. Itu sudah jelas merupakan salah satu highlight ( hal yang terpenting-red ) yang bisa dijual, tuturnya.

Desa Munduk juga memiliki air terjun Melanting dengan ketinggian 100 meter dan Danau Tamblingan yang menambah nilai jual desa wisata ini. Desa Munduk terletak diketinggian antara 800-900 meter di atas permukaan laut. Desa Munduk dengan udara yang berhawa sejuk bisa dijangkau dari Denpasar yang berjarak sekitar 70 km. Sepanjang perjalanan anda pun dapat melihat keindahan obyek wisata Bedugul. [BTcom]

Komentar