Mekepung Bupati Cup, Hajatan Tahunan di Jembrana

Humas Jembrana

Jembrana, Baliterkini.com - Mekepung Bupati Cup serangkaian HUT Kota Negera ke 118 berlangsung di Sirkuit Desa Dlod Berawah Kecamatan Mendoyo, Minggu (11/8/13). Selain dihadiri langsung Bupati I Putu Artha, Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan dan Ketua DPRD I Ketut Sugiasa, hajatan tahunan ini juga disaksikan ribuan penonton.

Untuk menentukan menang atau kalah, “sayo”(juri) membangi menjadi 4 group yakni, D,C,B dan grup A. Namun dari 215 pasang kerbau yang berlaga di sirkuit yang penuh pasir itu, hanya 60 pasang kerbau saja yang bisa mewakili grupunya dalam menentukan menang atau kalahnya.

Meski sinar matahari saat itu cukup menyengat, namun tidak menyurutkan nyali para joki untuk memacu kerbaunya agar tidak bisa terdandingi ketika sampai di garis finis oleh lawannya. Mungkin para joki saat berada diatas grobak(cikar) hanya berpikir untuk bisa menang, tidak jarang mereka ketika sampai di garis finis ada yang pingsan(tak sadarkan diri). Selain itu, ada pasangan kerbau seperti kesurupan tanpa menghiraukan saat dihentikan di garis finis oleh pemiliknya. Peristiwa itu sempat membuat penonton yang ada di depan tribun undangan di sisi timur lapangan itu berhamburan.

Mekepung Bupati Cup tahun 2013 ini nampaknya dewi fortuna tidak berpihak kepada group ijogading barat. Pasalnya, dari 3 group, C, B dan A group ijogading timur mampu membuat group ijogading barat tidak berkutik. Seperti halnya di group C. dari 35 pasang kerbau 23 pasang dimenangkan group ijogading timur. Begitu pula di group B dimana dari 25 pasang 15 pasang diraih ijogading timur. Lebih tragis lagi group yang menjadi penantian yakni group A. Di group ini hanya 2 pasang kerbau saja yang bisa mengalahkan group ijogading timur dari 10 pasang kerbau yang dipertandingkan. Kedua pasang kerbau yang bisa menang dari group ijogading barat di group A yakni nomor 10 dan nomor 1 pasangan kerbau atas nama yoga Paratama dari kecamatan Melaya yang jaraknya terpaut cukup jauh dari pasangan lawan atas nama Putri Sida Karya(Ijogading timur).

Sebagai sanga jawara, Bupati I Putu Artha yang didampingi ketua DPRD I Ketut Sugiasa, sekda I Gede Gunadnya serta Kadis Dikporaparbud, selain menyerahkan tropy juga hadiah-hadiah. Juara umum I(ijogading timur) sebesar 17,5 juta, juara umum II(ijogading barat sebesar Rp. 12,5 juta.

Sedangkan pemenang di masing-masing group juga diberikan hadiah yakni, juara group A sebesar Rp. 4,5 juta, B sebesar Rp 4 juta dan group C sebesar rp 3,5 juta.

Selain itu bupati Artha juga menyerahkan hadiah kepada pasangan pavorit masing-masing, pavorit I sebesar Rp 3 juta, II Rp. 2,5 juta dan pavorit III sebesar Rp. 2 juta. [BT]


TAGS :

Komentar