Putu Bejo, Pencipta Lagu yang Sukses Unjuk Gigi

istimewa

Mangupura, Baliterkini.com - Sosoknya dikenal sebagai pencipta lagu yang biasa dipanggil Putu Bejo. Mungkin tidak banyak yang tahu pria asal Singaraja ini sudah menciptakan segudang karya dalam bentuk syair lagu. Garapannya sudah dilantunkan sederetan artis pop Bali bahkan didukung sejumlah artis ternama.

Ditengah banyaknya bermunculan penyayi pendatang baru, Putu Bejo mendapat kepercayaan untuk terus berkreasi. Kiprahnya dalam melestarikan budaya Bali lewat lagu ciptaannya sudah dilakoninya sejak 2001. Merupakan suatu kebanggaan bagi Putu Bejo terlibat langsung dalam proses kreatif dalam hal dunia tarik suara.

Kendati sebagai pencipta, dirinya merasa bangga karena sudah menjadi bagian menyemarakan belantika musik Bali. “ Saya sangat merasa bangga menjadi bagian melestarikan budaya Bali. Selain lagu ciptaan saya dinyanyikan artis ternama, saya juga bisa mendapatkan banyak teman, mulai dari artis Bali sampai pencipta lagu, “ ujar pemilik nama asli Putu Subawa (36) kepada Baliterkini.com.

Yang terbaru, Putu Bejo mengeluarkan lagu terbaru berjudul Ragu, Bapak Rumah Tangga. Lagu Bapak Rumah Tangga sebagi album Single Hits yang dinyanyikan Yan Srikandi. Sekalipun banyak lagu ciptaan yang sudah dinyanyikan oleh artis ternama, dirinya mengaku lebih banyak mengangkat lirik lagu yang menggambarkan tentang realitas kondisi kemanusiaan yang terjadi saat ini.

Trend lagu yang menyiratkan kondisi sosial saat ini juga ada dalam judul Kurenan Tiange Kasmaran (KTK). Lagu ini akan menjadi lagu ciptaannya yang mengisi album Goyang Tetangga didukung penyanyi Adi Guna. Ada juga lagu tutur untuk medidik tentang etika dan perilaku. “ Dalam album yang menceritakan ibu muda suka selfie dan FB-an ini saya mencoba turut serta menjadi penyanyi pendukung, “ ujar Putu Bejo yang kesehariannya juga sebagai pegawai hotel.

Dalam setiap menciptakan lagu, Putu Bejo pernah menyelesaikan satu lagu dalam waktu 30 menit. Semua ciptaannya bergantung pada suasana hati atau mood. Bahkan dalam satu album, tak tanggung dia juga menciptakan lima buah lagu dalam satu album sekaligus, “ Sekalipun semua tersatukan dalam satu album, saya juga akan turut menyanyi di album KTK nanti”, imbuhnya.

Dia berharap, kedepan perjalanan karirnya di dunia tarik suara tetap ada dukungan semua pihak. Apa yang sudah menjadi hubungan baik dengan sejumlah artis pop Bali bisa tetap saling mendukung. “ Ditengah jaman yang sudah semakin canggih ini, saya berharap apa yang saya cita-citakan untuk bisa tercapai dalam usaha menjadi bagian di dalam belantika musik Bali, khususnya dalam melestarikan budaya Bali, “ pungkasnya. Selain artis Yan Srikandi, ada nama Dek Ulik, Yan Mus, Trio Januadi, Dek Arya, dan Adi Guna yang juga menemukan jejak kebolehan karya dari Putu Bejo. [BT]

Komentar